Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Workspace AutoCAD

lembar kerja autocad
Workspace AutoCAD
Mengenal Worksapce Autocad - Program Autocad adalah program wajib yang digunakan oleh industri-industri di Indonesia, terutama digunakan dalam merancang atau menggambar detil objek yang akan di realisasikan.
Sebelum mempelajari bagaimana menggunakan program ini, ada baiknya mengenal tampilan muka (interface) pada program Autocad.

Ribbon Bar

Pada bagian ini berisi toolbar-toolbar yang sudah dikelompokan sesuai dengan kategorinya masing-masing. Dengan adanya Ribbon Bar ini maka anda akan dapat mencari dan memanggil sebuah perintah AutoCAD menjadi relative mudah dengan klik icon-icon di dalam toolbar-toolbar tersebut.

UCS Icon

UCS  adalah User Coordinat  System, yang mana terdiri dari 3 sumbu yaitu X,Y, dan Z ( sumbu Z disini digunakan sebagai sudut pandang). UCS ini berguna untuk mempermudah dalam membuat gambar model, baik 2D, 3D, dan juga pembuatan ukuran/dimensi. Bagian ini berfungsi sebagai simbol yang menunjukan arah penggambaran. Dalam penggambaran 2D, sumbu X mewakili bidang horizontal dan sumbu Y mewakili bidang vertical sehingga anda akan mengetahui arah-arah tarikan garis objek gambar.

Status Bar

Bagian ini berisikan informasi-informasi action yang aktif pada saat penggambaran dilakukan. Status bar ini juga berisi settingan untuk pengaturan berbagai fungsi khusus seperti Snap, Grid, Ortho dan lain sebagainya.

Snap

Snap merupakan petunjuk arah gerakan-gerakan mouse. Snap ini diibaratkan seperti kursor didalam AutoCAD. Jika anda menggerakan mouse laptop atau computer anda, maka akan diikuti dengan perpindahan snap tersebut.

Command Line

Bagian ini merupakan suatu area untuk memasukan perintah AutoCAD. Anda dapat mengetikan autocad command didalamnya untuk menjalankan suatu perintah penggambaran. Sangat baik dalam mempercepat waktu menggambar.

Navigation Palette

Pada bagian ini anda dapat mengakses secara cepat perintah-perintah untuk melakukan navigasi seperti menggunakan perintah Zoom, Pan dan Orbit dalam pallete tersebut secara langsung yang akan mempengaruhi tampilan layar.

Workspace AutoCAD

lembar kerja autocad
Workspace AutoCAD
Workspace pada AutoCAD merupakan sebuah layout layar kerja AutoCAD dimana setiap layout menyajikan Ribbon Bar dengan toolbar-toolbar yang berbeda. Beberapa workspace dapat anda gunakan seperti Drafting dan Annotation, 3D Basic dan 3D Modeling.

Untuk AutoCAD versi lama seperti contoh AutoCAD 2007, hanya ada dua pilihan penggunaan workspace yaitu:

·         3D Modeling
·         AutoCAD Classic

Sedangkan untuk versi AutoCAD terbaru memiliki beberapa pilihan, namun tidak ada pilihan AutoCAD Classic:

·         3D Basics
·         3D Modeling
·         Drafting & Annotation

Jenis Workspace AutoCAD

1. Drafting dan Annotation Workspace

Workspace autocad
Drafting & Annotation Workspace
Pada saat anda menggunakan workspace ini Toolbar-toolbar AutoCAD yang ada banyak menampilkan perintah penggambaran untuk objek 2D, karena memang ini merupakan workspace standar untuk menggambar 2D.

2. 3D Basic Workspace

Workspace autocad 3D
3D Basic Workspace

Pada workspace ini anda akan disuguhi dengan toolbar-toolbar dasar penggambaran untuk membuat objek 3D.

3. 3D Modeling Workspace

modeling 3d autocad
3D Modeling Worksapce

Workspace terakhir ini merupakan versi kompleks dari 3D Basic Workspace. Toolbar-toolbar yang ada menampilan banyak pilihan untuk membuat objek 3D yang cukup kompleks atau detail.

Sekian penjelasan tentang workspace dalam program AutoCAD semoga membantu untuk memahami apa itu AutoCAD.



Post a Comment for "Mengenal Workspace AutoCAD"

Berlangganan via Email